MODIFIKASI ASPAL DENGAN MENGGUNAKAN POLYETHYLENE TEREPHTHALATE (LIMBAH BOTOL PLASTIK)

Syukur allhamdulilah,,,,,

Di tahun ini ESFRA di beri kepercayaan oleh Bapak Ir. Gatot Rusbintardjo, M.R.Eng.Sc.,Ph.D. untuk melakukan penelitian “MODIFIKASI ASPAL DENGAN MENGGUNAKAN POLYETHYLENE TEREPHTHALATE (LIMBAH BOTOL PLASTIK)”,Penelitian tersebut akan meneliti kelayakan limbah botol plastik untuk dipergunakan sebagai bahan modifikasi aspal dimana penelitian ini akan menjadi penelitian yang berlingkup internasional.
Untuk saat ini ESFRA sedang mengolah limbah botol plastik menjadi serbuk PET. Serbuk PET merupakan suatu serbuk yang dihasilkan dari limbah botol plastik dimana proses pengolahannya sebagai berikut:

  1. Mula-mula limbah botol plastik dilelehkan diatas wajan dengan suhu tinggi
    2. Setelah limbah botol plastik meleleh,selanjutnya lelehan botol plastik tersebut di dinginkan sehingga lelehan tersebut mengeras dan dapat dihaluskan dengan cara di tumbuk
    3. setelah halus seperti serbuk selanjutnya dilakukan penyaringan sehingga tekstur serbuk yang dihasilkan menyerupai semen

Proses pembuatan serbuk PET tersebut telah dilakukan sejak agustus 2015 sampai saat ini dan baru menghasilkan serbuk PET seberat 131 gram dimana proses pembuatan serbuk PET direncanakan sampai akhir bulan januari 2016.

 

Proses penelitian InsyaAllah akan dimulai di awal FEBRUARI 2016

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *